Wednesday, December 14, 2016

Cara Agar Smartphone Anda Tidak Lemot

Cara Agar Smartphone Anda Tidak Lemot atau lambat. Jaman sekarang adalah eranya Smartphone. Pada masyarakat perkotaan mungkin 80% lebih adalah penggunaan smartphone. Karena smartphone bisa menampung aplikasi yang sangat banyak. Dalam arti sesungguhnya smartphone jaman sekarang sangat unggul jika dibandingkan Handphone generasi sebelumnya.

Cara Agar Smartphone Anda Tidak Lemot
Jika jaman dulu kita lebih banyak berkirim SMS sekarang telah menggunakan WhatsApp atau biasa disebut WA. Intinya kelebihan smartphone sangat banyak. Bisa menampung game yang banyak, aplikasi, serta bisa berkirim email. Karena smartphone bisa menampung banyak aplikasi maka perlu perawatan agar smartphone anda tidak lemot alias lambat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara agar smartphone anda tidak lemot atau lamat secara umum. Karena setiap Smartphone memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Tapi kita akan membahasnya dari segi pola pemakaian pada smartphone. Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, smartphone bisa menampung banyak aplikasi. Untuk itu anda harus bisa memilih aplikasi yang benar-benar anda butuhkan.

Berikut ini adalah Cara Agar Smartphone Anda Tidak Lemot

  1. Jangan terlalu banyak instal aplikasi yang tidak penting. Cobalah uninstall aplikasi yang tidak anda perlukan atau jarang anda gunakan
  2. Bersihkan Cache dan Cookies browser anda secara berkala
  3. Gunakan aplikasi pembersih junk file pada smartphone anda
  4. Restart Smartphone anda secara berkala (misalnya seminggu sekali)
  5. Periksa memory smartphone anda, apakah sudah penuh atau masih memiliki space yang cukup. Usahakan masih tersisa 1 GB
  6. Buang file-file yang tidak penting
  7. Tutup Widget agar tidak terbuka banyak
  8. Sesekali jangan lupa untuk scan memory smartphone anda ke laptop/komputer yang sudah  dilengkapi dengan anti virus (tentu saja laptop tersebut dalam keadaan bersih dari virus)
Cara diatas sudah melalui ujicoba. Sehingga jika anda mengikuti hal-hal diatas, maka smartphone anda akan awet serta stabil dalam waktu yang lama. Cara diatas tidak berkaitan erat dengan kecepatan koneksi internet. Karena seperti yang kita ketahui kecepatan koneksi internet berdasarkan provider yang anda gunakan. Kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia menggunakan smarphone mereka untuk mengakses sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, dll.

Sehingga cara diatas adalah cara agar smartphone tidak lemot, stabil, awet dan tahan lama. Walaupun smartphone jaman sekarang menggunakan operating system android. Tapi memory penyimpanan data kemungkinan bisa terjangkit virus. Virus akan merusak aplikasi dan hardware smartphone anda. Jangan terlalu sering men download aplikasi yang tidak jelas alamat webnya. Sebab di internet sangat banyak virus yang bisa membahayakan smartphone anda.

Tips lainnya:
Jangan lupa untuk membaca panduan dan cara pemakaian smartphone anda. Agar anda bisa lebih paham hal-hal dan fungsi smartphone anda. Jika memory penyimpanan data anda terlalu besar sementara RAM smartphone anda kecil maka smartphone anda kemungkinan besar akan lambat juga.

Hal ini bukan rahasia lagi, banyak produk smarphone yang dijual di Indonesia dengan kwalitas tidak bagus. Dalam artikel ini saya tidak  akan menyebutkan merk-merk smartphone tersebut. Di samping itu harganya yang sangat murah. Jadi lumrah saja jika kwalitasnya memang kurang bagus. Jika penggunaan smartphone anda untuk urusan bisnis maka sebaiknya membeli merk yang terkenal. Sehingga kwalitasnya lebih terjamin. Smartphone yang lambat bukan karena kebanyakan aplikasi, cache atau virus tapi karena memang kwalitas  smartphone anda kurang baik.

Jika cara diatas sudah anda lakukan tapi smartphone masih sanga lemot atau lambat. Sebaiknya membawa smartphone anda ke gerai resmi produsen smartphone tersebut. Untuk memeriksanya, tentu saja anda harus membawa kartu garansinya. Agar anda tidak dikenakan biaya.

Demikian penjelasan tentang cara agar smartphone anda tidak lemot atau lambat. Gunakanlah smartphone anda dengan cermat dan baik. Semoga bermamfaat.

No comments :