Skip to main content

Class Diagram

Class Diagram
Class Diagram, Untuk menyambung Artikel sebelumnya tentang belajar UML, berikut ini akan diberikan penjelasan tentang Clas, Clas Diagram, karena untuk pemograman yang terstruktur mutlak membutuhkan Class Diagram, untuk itu hal ini harus di pahami dulu dengan benar sehingga kita lebih mudah mengembang program yang akan di bangun. Class diagram tentu saja memiliki bagian-bagian yang harus di pahami, karena semuanya akan selalu berhubungan, berikut ini penjelasannya


Class Diagram

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Class memiliki tiga area pokok :

Nama (dan stereotype)
Atribut
Metoda

Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :

Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
Public, dapat dipanggil oleh siapa saja

Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yang hanya memiliki metoda. Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harus diimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusi metoda pada saat run-time.

Sesuai dengan perkembangan class model, class dapat dikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang terdiri atas package.

Hubungan Antar Class

Asosiasi, yaitu hubungan statis antar class. Umumnya menggambarkan class yang memiliki atribut berupa class lain, atau class yang harus mengetahui eksistensi class lain. Panah navigability menunjukkan arah query antar class.

Agregasi, yaitu hubungan yang menyatakan bagian (“terdiri atas..”).

Pewarisan, yaitu hubungan hirarkis antar class. Class dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.

Hubungan dinamis, yaitu rangkaian pesan (message) yang di-passing dari satu class kepada class lain. Hubungan dinamis dapat digambarkan dengan menggunakan sequence diagram yang akan dijelaskan kemudian.

Contoh class diagram :

Comments

Popular posts from this blog

Jasa Sewa Cold Storage Untuk Menyimpan Daging

Jasa Sewa Cold Storage Untuk Menyimpan Daging. Cold storage adalah tempat penyimpanan barang yang mudah rusak, misalnya seperti sayur, buah dan daging. Tapi banyak juga yang menggunakan cold storage untuk menyimpan bahan-bahan industri. Cold Storage menggunakan teknologi seperti AC, yang bisa membekukan material yang disimpan pada ruangan tersebut. Yang jadi masalah adalah biaya untuk membangun sebuah cold storage membutuhkan biaya yang cukup mahal. Pengganti Cold Storage! Untuk mengatasi hal diatas anda bisa menggunakan container reefer sebagai cold storage dengan harga relatif jauh lebih murah. Tapi sebaiknya menyewa container reefer agar terhindar dari masalah yang mungkin akan muncul. Pengguna container reefer sudah banyak di Indonesia karena jauh lebih efektif. Berita bagusnya bisa disewa per bulan. Mengapa Sebaiknya menyewa Container Reefer? Iya, ini sudah masalah klasik di negara kita, pada negara kita belum ada produsen sparepart container reefer. Sehingga jika terjadi kendala

Tips Memilih Sewa Container Office Berkualitas Tinggi

Sewa container office menjadi salah satu kebutuhan yang saat ini banyak dibutuhkan oleh setiap pihak. Khususnya bagi para penyedia layanan pekerjaan yang membutuhkan alternatif dalam menyediakan tempat untuk karyawan dalam melakukan aktivitas bekerja. Hal ini cukup wajar sebab dengan atmosfer pola kualitas pekerjaan yang semakin berkembang pesat dan tentunya semakin modern, hal ini akan berdampak cukup berpengaruh pada kinerja khususnya pada tempat bekerja. Hal inilah yang membuat container menjadi inovasi terbaru. Akan ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh Anda jika mampu memaksimalkan penggunaan sewa container office . Sebab ada banyak sekali kelebihan yang akan didapatkan semua pengguna bahkan dalam penggunaan jangka panjang. Kelebihan pertama dari adanya penggunaan container sebagai kantor adalah dengan memberikan fungsi pelayanan yang lebih simple. Desain yang tentunya lebih minimalis akan membuat kualitas penggunaan container, khususnya pekerja akan lebih n

Harga Container Bekas Naik Di Indonesia

Harga Container Bekas naik Di Indonesia. Faktor utama harga container bekas mengalami kenaikan adalah nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dollar. Saat ini bahkan untuk beli dollar udah mencapai 1 usd = IDR 14.140,-. Container bekas tentu saja dibeli dengan mata uang asing khususnya dollar. Hal itu tentu memberatkan para pebisnis terutama perusahaan yang sering import barang dari luar negeri.