Sunday, July 26, 2015

Google merilis Algoritma Phantom

Google merilis Algoritma Phantom, google mengeluarkan algoritma yang membuat para blogger ketar-ketir, apalagi bukan karena visitor yang menurun drastis. Algoritma yang baru ini konon di rahasiakan dan sama sekali tidak di umumkan ke publik. entah apalagi target algoritma ini. Saya sendiri jadi bingung, nulis artikel yang seperti apa yang di inginkan gooogle pada jaman sekarang. Mencari backlink dari blogwalking tidak begitu ngaruh lagi. Nulis artikel yang baik sudah, artikel yang berisi awalan, isi dan paragraf kesimpulan sudah, tapi tetap belum bisa nembus Top Ten di SERP.


Menurut isu yang berseleweran di dunia maya, algoritma phantom akan menyusur web/blog yang kontentnya miskin dan kurang bermamfaat, di tambah sitemap yang kurang baik. Algoritma google yang baru ini bagai mimpi buruk bagi blogger nusantara, dimana ribuan blogger Indonesia hidup dengan mengandalkan mesin pencari google untuk mendapatkan vulus dollar.

Apakah isu bener? hanya orang google yang tau, yang pasti hal ini tidak publikasikan ke publik tapi algoritma ini sudah efektif berjalan, menurut info yang berseleweren lagi, di rilis pada bulan Mei 2015.

Entahlah, benar apa tidak, yang pasti visitor dari website/blog saya sudah 4 bulan ini turun drastis. Menyerah tidak mungkin kan? sementara spammer yang mengirimkan link yang tidak baik sangat banyak. Entah apa maksud semua ini, blog / website para blogger Indonesia sangat banyak mendapatkan serangan link yang membuat peringkat di SERP turun drastis, seperti ada sabotase dari sebuah negara lain ke Blogger Indonesia.

Kalau hal ini terus berlanjut, tidak tertutup kemungkinan blog-blog di Indonesia akan turun drastis, yang artinya harus membuat website/blog baru, sementara kontent yang akan di buat dengan topik yang sama akan di anggap sampah oleh google, karena kontent tidak unik.

Di tambah lagi algoritma Phantom yang akan menghabisi konten-konten yang miskin info atau informasi yang kurang bermamfaat. Hal ini cukup merepotkan, karena menulis artikel yang baik dan benar bukan perkara mudah. Pertumbuhan blog setiap hari memang sangat fantastis, yang rata-rata isinya sebagai blog dummy untuk mengangkat blog monitise si pemilik blog. Karena google sudah bisa mencari jejak pemilik blog, dan mengetahui maksud dari pemilik blog, sehingga jejak yang tadi akan di catat google, maka di simpulkan bahwa kita sering spam, maka kw yang kita bidik tidak akan naik-naik di SERP, mengerikan bukan?

No comments :