Harga Kemenyan Putih Kwalitas Terbaik

Harga Kemenyan Putih Kwalitas Terbaik. Dalam hal ini yang akan kita bahas adalah kemenyan dari Sumatera utara tepat dari kawasan Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara. Sejak puluhan tahun yang lalu Sumatera Utara adalah penyupai kemenyan ke berbagai negara di dunia. walau memang permintaan tidak terlalu banyak tapi selalu rutin dikirimkan ke negara-negara konsumen.

Kemenyan atau sitrax benzoin Sumatera Utara berbeda dengan kemenyan Arab. Kemenyan Putih Sumatera dihasil dari getah pohon kemenyan. Tumbuhan ini tumbuh pada pegunungan di Kawasan Humbang Hasundutan. Wanginya yang menyengat tidak sesuai dengan harganya. Bahkan saat ini para petani kemenyan sudah mulai beralih ke tanaman kopi yang lebih menjanjikan.

Mamfaat Kemenyan
  • Getah yang sudah di extrak bisa menjadi parfum
  • Obat
  • Kosmetik
  • Dupa (spritual)
Sebenarnya kemenyan tidak hanya tumbuh dikawasan Humbang Hasundutan tapi di daerah lain bisa tumbuh dengan baik. Tapi kwalitasnya berbeda, wanginya dan jumlah getah yang dihasilkan sedikit. Konon kemenyan adalah barang yang sangat berharga bagaikan emas. Raja-raja dari Arab menganggap kemenyan adalah barang mistis. Sehingga kemenyan dianggap hanya untuk orang-orang yang hebat.

Saat ini harga kemenyan putih kwalitas terbaik dan kwalitas 2 dan 3 sungguh jauh dari harapan para petani. Mungkin berikut ini akan membantu anda untuk melihat bahwa harga kemenyan putih tidak sesuai dengan jerih payah petani.

Tanaman pohon kemenyan adalah tanaman keras. Dapat menghasilkan getah setelah pohon berumur sekitar 10 tahun. 10 tahun bukan waktu yang sebentar bukan? Selanjutnya pohon kemenyan dilukai sehingga mengeluarkan getah dan dibiarkan selama 3-4 bulan hingga getah tersebut mengeras. Untuk mendapatkan getah kemenyan hanya setahun sekali pada saat pohon ini berbunga.

Harga Kemenyan Putih Di Indonesia

Harga kemenyan di Indonesia saat ini masih terbilang sangat murah. Pengguna kemenyan di Indonesia terbanyak ada dipulau Jawa dan Pulau Bali. Kemenyan digunakan untuk keperluan spritual sehingga digunakan hanya sedikit saja. Karena kemenyan bukan kebutuhan primer sehingga tidak begitu penting untuk dibeli atau digunakan.

Kemenyan yang sudah kering dikirim atau di export keluar negeri. Pengguna kemenyan diluar negeri adalah India dan Tiongkok. Mereka menggunakan kemenyan untuk keperluan spritual. Hampir sama dengan warga negara kita di Indonesia sebagian digunakan untuk keperluan kosmetik atau parfum.

Harga kemenyan putih di petani saat ini adalah berkisar antara Rp. 400rb hingga Rp. 550rb. Untuk tanaman pohon kemenyan dengan luas 10 hektar bisa menghasilkan getah kemenyan 200kg hingga 300kg pada tahap produktif. Sementara pohon kemenyan para petani sekarang sudah berumur tua. Sehingga hasilnya sangat sedikit. Sekarang ini para petani dilema. Apakah akan mengganti tanaman ini dengan tanaman lain.

Kemungkin 30 tahun kedepan kemenyan sudah sangat jarang ada di Indonesia. Karena masyarakat kita tidak tertarik lagi dengan tanaman ini. Selain karena area tanaman ini tidak cukup lagi harganya tidak sesuai dengan jerih payah.

Untuk anda yang berminat mau membeli kemenyan putih atau kwalitas nomor 2 anda bisa menghubungi kami. Kami adalah petani kemenyan di Sumatera Utara. Kami bisa menyediakan beberapa ton setiap bulan. Untuk itu jika anda berminat kami bisa mengirimkannya kemanapun. Kami bisa menyediakan kemenyan kwalitas terbaik dan kwalitas nomor 2. Kami berlokasi di Humbang Hasundutan Sumatera Utara.

Posting Komentar untuk "Harga Kemenyan Putih Kwalitas Terbaik"