Skip to main content

Arti CSR dan Mamfaatnya Bagi Rakyat

Arti CSR dan Mamfaatnya Bagi Rakyat
Arti CSR dan Mamfaatnya Bagi Rakyat. CSR adalah Corporate Social Responsibility istilah ini masih populer dengan bahasa Inggris. Apalagi pada jaman pemerintahan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Jadi dalam arti sesungguhnya CSR adalah tanggung sosial perusahaan terhadap masyarakat terutama yang berada pada sebuah proyek. Jadi perusahaan membagi keuntungan mereka kepada masyarakat dalam bentuk sebuah bangunan. Biasanya bangunan tersebut dipergunakan masyakat umum minimal masyarakat yang tinggal dikawasan tersebut.


Sudah banyak bisa kita lihat bangunan yang didapatkan oleh masyarakat dari CSR. Biasanya yang mengakomadasi CSR adalah Pemerintah Daerah dalam berbagai macam bentuk. Tapi kadang bisa juga di berikan kepada sebuah organisasi.

Pada jaman sekarang istilah ini semakin populer karena semakin banyak perusahaan yang rela memberikan CSR. Mamfaat CSR dapat dirasakan langsung oleh masyarkat. Seperti yang sedang banyak dibicarakan di Jakarta. RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Ratusan RPTRA dibangun untuk kepentingan publik yang dananya didapatkan dari perusahaan.

Sebenarnya sudah sangat banyak hasil dan mamfaat yang diterima masyarakat dari CSR. Berikut ini adalah sebagian kecil perusahaan yang sudah memberikan CSR kepada masyarakat.
  • PT. Freeport
  • PT. Danone
  • PT. Pertamina (Perusahaan ini memang sudah semestinya karena perusahaan milik pemerintah)
  • PT. Pembangunan Jaya Ancol
  • PT. Semen Padang
  • Dan Ratusan perusahaan yang berada di Indonesia

Arti CSR menurut Wikipedia

Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung jawab Sosial adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya). Perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Jadi, sebenarnya masyarkat berhak meminta CSR kepada sebuah perusahaan dalam berbagai bentuk. Tapi dalam hal ini tidak semua perusahaan yang bisa memberikan dengan jumlah besar. Dalam hal ini efek tanggung jawab yang diberikan perusahaan itu harus dapat dirasakan masyarakat umum.

Mamfaatnya CSR Bagi Rakyat

Masyarakat adalah pasar dari sebuah perusahaan. Dalam arti harfiah masyarakat adalah konsumen dari perusahaan. Oleh karena itu, jika sebuah perusahaan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari hasil berbisnis mereka. Sudah merupakan kewajiban mereka untuk membantu masyarakat minimal di sekeliling perusahaan tersebut.

Jadi sebenarnya masyarakat berhak meminta CSR kepada sebuah perusahaan dan hal ini harus di akomodasi oleh pemerintah daerah. Karena hal itu merupakan hak masyarakat yang diatur oleh undang-undang.

Comments

Popular posts from this blog

Harga Container Bekas Naik Di Indonesia

Harga Container Bekas naik Di Indonesia. Faktor utama harga container bekas mengalami kenaikan adalah nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dollar. Saat ini bahkan untuk beli dollar udah mencapai 1 usd = IDR 14.140,-. Container bekas tentu saja dibeli dengan mata uang asing khususnya dollar. Hal itu tentu memberatkan para pebisnis terutama perusahaan yang sering import barang dari luar negeri.

Jasa Cuci IBC, ISO Tank di Indonesia

Jasa Cuci IBC, ISO Tank di Indonesia. IBC adalah Intermediate Bulk Container yang digunakan untuk mengangkut minyak. Sedangkan ISO tank digunakan untuk mengangkut gas, oil, bahan bakar, seperti avtur dan lain-lain. Setelah selesai digunakan IBC atau ISO tank harus dicuci dengan alat khusus dan di verifikasi oleh yang ahli dibidangnya. Kami berlokasi di Jakarta Utara, Indonesia.

Sewa ISO Tank Container di Indonesia

Sewa ISO Tank Container di Indonesia. Bagi orang tertentu ISO Tank bukanlah barang baru. Sementara untuk sebagian lagi ISO tank container sangat asing. Tank yang sangat besar ini kadang disebut juga dengan Bulk Container. Sebuah Tengki yang didesain khusus agar bisa mengangkut material yang berbahaya. Sangat sedikit perusahaan yang melayani sewa ISO Tank Containe r di Indonesia. Karena memang penggunanya tidak banyak.