Skip to main content

Sequence Diagram

Sequence Diagram
Berikut ini adalah penjelasan tentang Sequence Diagram sehingga anda paham dalam penggunaannya, pada saat kapan digunakan dan bagaimana membuat Sequence Diagram agar bisa menunjang program yang akan di bangun kelak. Sehinggga sebelum anda membangun sebuah aplikasi anda bisa membayangkan hal apa saja yang akan di perlukan dan design database maupun scriptnya agar terlihat rapi dan tersturktur.


Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.

Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal.

Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class.

Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message.

Untuk objek-objek yang memiliki sifat khusus, standar UML mendefinisikan icon khusus untuk objek boundary, controller dan persistent entity.

Comments

krisna said…
Lebih bagus lagi kalo diberi contoh mas. Jadi lebih gampang dicerna. Bidangnya di IT ya mas?
Rudi Gaol said…
Iya, tapi nulis cuman untuk iseng aja mas Krisna, terima kasih sudah singgah...:)

Popular posts from this blog

Harga Container Bekas Naik Di Indonesia

Harga Container Bekas naik Di Indonesia. Faktor utama harga container bekas mengalami kenaikan adalah nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dollar. Saat ini bahkan untuk beli dollar udah mencapai 1 usd = IDR 14.140,-. Container bekas tentu saja dibeli dengan mata uang asing khususnya dollar. Hal itu tentu memberatkan para pebisnis terutama perusahaan yang sering import barang dari luar negeri.

Jasa Cuci IBC, ISO Tank di Indonesia

Jasa Cuci IBC, ISO Tank di Indonesia. IBC adalah Intermediate Bulk Container yang digunakan untuk mengangkut minyak. Sedangkan ISO tank digunakan untuk mengangkut gas, oil, bahan bakar, seperti avtur dan lain-lain. Setelah selesai digunakan IBC atau ISO tank harus dicuci dengan alat khusus dan di verifikasi oleh yang ahli dibidangnya. Kami berlokasi di Jakarta Utara, Indonesia.

Sewa ISO Tank Container di Indonesia

Sewa ISO Tank Container di Indonesia. Bagi orang tertentu ISO Tank bukanlah barang baru. Sementara untuk sebagian lagi ISO tank container sangat asing. Tank yang sangat besar ini kadang disebut juga dengan Bulk Container. Sebuah Tengki yang didesain khusus agar bisa mengangkut material yang berbahaya. Sangat sedikit perusahaan yang melayani sewa ISO Tank Containe r di Indonesia. Karena memang penggunanya tidak banyak.