Saturday, September 9, 2017

Lokasi Wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan

Lokasi Wisata di Dolok Sanggul
Lokasi Wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan. Kabupaten yand dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Utara ini termasuk masih muda. Kabupaten Humbang Hasundutan ibukota Dolok Sanggul. Kabupaten humbang hasundutan memiliki 10 kecamantan. Pada setiap kecamatan memiliki kawasan wisata yang menarik. Tapi tentu saja Kecamatan Bakti Raja adalah yang terbaik dalam hal lokasi wisata.

Berikut ini adalah nama Kecamatan di Kabupaten Hasundutan:
  1. Kecamatan Pollung
  2. Kecamatan Tarabintang
  3. Kecamatan Lintong Nihuta
  4. Kecamatan Paranginan
  5. Kecamatan Sijamapolang
  6. Kecamatan Parlilitan
  7. Kecamatan Pakkat
  8. Kecamanta Baktiraja
  9. Kec. Onan Ganjang
  10. Kec. Dolok Sanggul
Kita akan membahas satu persatu lokasi wisata disetiap Kecamatan. Sehingga jika anda ingin melakukan perjalanan atau travel kekawasan ini dapat memilih dan menentukan lokasi wisata yang akan dituju.

Lokasi Wisata di Kecamatan Pollung
Dikawasan ini hampir tidak ada lokasi wisata yang menarik. Tapi untuk mendapatkan pemandangan yang sejuk dengan hamparan sawah yang luas. Anda bisa memilih kawasan kecamatan Pollung. Pada musim tuai hingga panen ribuan hektar sawah menghijau sedap dipandang mata. Salah satu lokasi wisata adalah Tao Silom (Danau) dan Ulu Darat. Walau kawasan ini belum terurusan dengan infrastruktur. Tapi jika anda suka bertualang kawasan ini bisa menjadi alternatif.

Lokasi Wisata di Kecamatan Tarabintang
Disini ada bisa mendapatkan wisata alam seperti air terjun. Ada 2 lokasi wisata air terjung seperti air terjun Sibokkik dan Air terjun Simursa. Sedangkan wisata yang berbau klenik anda bisa ke Ulok Batu(Ular).

Lokasi Wisata pada Kecamatan Lintong Nihuta
Dikawasan ini terdapat Danau kecil yaitu Tao Sipinggan dan Tao Silosung. Jika anda suka dengan sebuah legenda nenek moyang anda patut kesini. Konon air kedua Danau tersebut tidak bisa bersatu. Menurut legenda kedua danau adalah senjata Abang Adik yang diterbangkan ke udara dan menciptakan ledakan yang sangat dashyat dan sejata itu berubah jadi 2 danau. Selain itu ada juga Dolok Pesona (Dolok = Gunung). Dari perbukitan anda bisa menikmati panorama asri dan sejuk.

Lokasi Wisata di Kecamatan Paranginan
Kawasan ini juga termasuk miskin lokasi wisata, jika anda suka petualangan anda bisa ke Sipinsur dan Goa Lumban sitabunan.

Lokasi Wisata Sijamapolang
Walaupun sumber dari Aek Sibundong berasal dari Aeknauli yang termasuk ke Kecamatan Pollung. Tapi karena hulu sungai ini termasuk kecil maka suatu waktu. Aek Sibundong yang melintasi kawasan kecamatan Sijamapolang bisa menjadi alternatif sebagai tempat rafting.

Lokasi Wisata di Kecamatan Parlilitan
Dikawasan ini lumayan banyak yang bisa anda kunjungi. Seperti Markas Sisingamangaraja XII Sionom Hudon, Makam Putri Raja Sisingamangaraja XII, Air Terjun Aek Simonggo, Air Terjun Sibabo, Aek Rimo, Air Terjun Sipang dan Air Terjun Simolap. Lokasi wisata dan sejarah menarik untuk ditelusuri.

Lokasi Wisata pada Kecamatan Pakkat
Kawasan ini hampir mirip dengan kawasan kecamatan Parlilitan. Jika anda berwisata ke Pakkat sebaiknya ke Parlilitan juga. Berikut ini lokasi wisata dikawasan ini Air Terjun Namossarangan, Air Terjun Tahur Jati, Air Terjun Sipulak, Air Terjun Pollung, Air Terjun Simandame, Air Terjun Peadungdung dan Panatapan Banuarea.

Lokasi Wisata di Kecamatan Baktiraja
Sudah pasti kawasan inilah lokasi wisata yang paling menjual dan lokasi wisata andalan Kabupaten Humbang Hasundutan. Karena Kecamatan Baktiraja adalah bagian dari Danau Toba. Jika kita sudah menyebutkan Danau Toba, maka terdapat puluhan bahkan ratusan legenda yang tercipta dikawasan ini. Disini Terdapat Istana Sisingamaraja dari I hingga ke XII. Banyak hal yang menakjubkan dikawasan ini. Nah, berikut ini lokasi wisata yang harus anda kunjungi jika anda ke kecamatan Baktiraja.
  1. Istana Raja Sisingamangaraja XII
  2. Batu Hundul-Hundulan
  3. Pulau Simamora
  4. Goa Pertapaan Br. Pasaribu dan Tombak Sulu-Sulu
  5. Aek Sipangolu
  6. Shalter Panatapan Lembah Bakkara
  7. Hariara Tungkot
  8. Air Terjun Binangajanji
  9. Makam dari Batu
  10. Pagar Batu, Pulau Simamora
  11. Tentu saja panorama Danau Toba Juga
  12. Anda bisa juga ke Tipang Mas untuk menikmati Ikan bakar Danau Toba
Catantan: Jika anda berwisata kekawasan ini berusahalah agar tetap sopan dan jangan sembarangan mengucapkan kata-kata yang kurang baik.
Lokasi Wisata di Dolok Sanggul Humbang

Lokasi Wisata di Kecamatan Onan Ganjang
Walaupun air terjun dikawasan ini tidak besar dan tinggi. Tapi menarik juga untuk ditelusuri. Konon air terjun ini memiliki legenda masing-masing. Berikut ini Air Terjun Ompu Sarme, Air Terjun Ompu Lagang, Air Terjun Raja Panopa dan Air Terjun Nadumangor.

Lokasi Wisata di Kecamatan Dolok Sanggul
Dikawasan ini hampir tidak ada lokasi Wisata. Tapi karena Dolok Sanggul adalah Ibukota humbang Hasundutan maka perlu ada ketahui beberapa hotel. Dikawasan ini belum banyak hotel. Berikut ini adalah nama hotel di Dolok Sanggul
  • Grand Maju Hotel
  • Hotel Martabe
  • Hotel Asima
Dikawasan ini terdapat juga PLTA Aek Silang. Jika anda ingin melihat turbin pembangkit listrik tenaga air. Anda bisa berkunjung ke kawasan Aek Silang.

Itulah Lokasi Wisata di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan. Untunglah kecamatan Baktiraja masuk ke wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. Karena kecamatan Baktiraja adalah kawasan Danau Toba. Sehingga ada kawasan wisata andalan yang bisa dijual ke wisatawan lokal dan Mancanegara. Yang tentu saja dapat meningkatkan perkapita kawasan Humbang Hasundtan.

No comments :