Tuesday, April 18, 2017

Negara Yang Masuk Keanggotaan Mea

Negara yang masuk keanggotaan Mea. MEA adalah Masyarakat Ekonomi Asean dalam bahasa Inggris disebut AEC yaitu ASEAN Economic Community. Yang beranggotakan negara-negara Asia Tenggara saja. Karena Negara-negara ASEAN adalah negara yang terletak di Asia Tenggara.

Negara Yang Masuk Keanggotaan Mea

Komunitas ini dicetuskan berdasarkan kesamaan geografis dan kebutuhan antar negara Anggota. Agak mirip dengan EROPA, tapi sebenarnya perbedaannya sangat banyak. Yang bertujuan untuk memudahkan perdagangan, berinvestasi, pengelolaan tenaga kerja dan pendistribusian barang.

Kawasan Asia Tenggara memang memiliki persamaan yang sangat banyak. Seperti sama-sama negara berkembang. Dengan keinginan agar maju bersama maka para pemimpin negara Asia tenggara bersepakat agar membentuk komunitas perekonomian di Asia Tenggara.

Berikut ini adalah Negara Yang Masuk Keanggotaan MEA atau AEC

  1. Indonesia
  2. Singapura
  3. Thailand
  4. Brunai Darussalam
  5. Kamboja
  6. Malaysia
  7. Filipina
  8. Vietnam
  9. Laos
  10. Myanmar
Kedepan, negara berikut ini kemungkinan akan bergabung menjadi Anggota MEA:
  1. Papua Nugini
  2. Timor Leste
  3. Kepulauan Solomon
  4. Bangladesh
Timor Leste dan Papua Nugini sebenarnya adalah negara yang terletak dikawasan Asia Tenggara, tapi sepertinya negara tersebut belum siap menjadi anggota MEA. Timor Leste negara yang merdeka dari Indonesia setelah melakukan referendum sepertinya tidak akan lama lagi akan segera bergabung dengan MEA.

Tujuan Dibentuknya MEA

Tujuan utama dibentuknya MEA adalah untuk mempercepat pengembangan pembangunan, perekomian, ketahanan pangan dan industri dikawasan ASIA Tenggara. Oleh karena itu berbagai bentuk regulasi dalam perdagangan dan pengembangan pembangunan di permudah sehingga perekomian anggota MEA bisa bergerak maju.
  • Wilayah Anggota MEA menjadi kawasan dengan pengembangan ekonomi yang merata (euitable economic development) serta elemen pengembangan usaha kecil menengah dan prakarsa integrasi ASEAN untuk negara-negara CMLV (Cambodia, Myanmar, Laos dan Vietnam)
  • Perdagangan BEBAS antara anggota MEA (ASEAN menjadi pasar tunggal dan basis produksi internasional (single market and production base) serta elemen aliran investasi, bebas barang, jasa, aliran modal yang lebih bebas dan tenaga kerja terdidik).
  • ASEAN menjadi kawasan dengan daya saing ekonomi yang tinggi (competitive economic region), dengan elemen perlindungan konsumen, peraturan kompetisi, pengembangan infrastruktur, perpajakan, e-commerce dan hak atas kekayaan intelektual
  • ASEAN menjadi kawasan yang terintegrasi perekonomian global (integration into the global economy) secara penuh dengan elemen pendekatan yang koheren dalam hubungan ekonomi di luar kawasan, dan meningkatkan peran dalam jejaring produksi global.
Dari Penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dibentuknya MEA adalah pergangan bebas antar negara anggota, memudahkan segala bentuk regulasi agar bisa melakukan investasi, perdagangan, pembangunan.

Nah, Apakah negara kita dan warga kita sudah siap menghadapi MEA. Menurut saya, siap atau tidak kita harus berusaha agar kita tidak tertinggal dari negara asing. Daya saing dalam segala bidang harus kita tingkatkan.

Pemerintah harus mendidik masyarakat Indonesia agar berjiwa entrepreneur yang berkwalitas bagus produk yang mereka hasilkan dapat bersaing dengan produk asing. Selain itu memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam penyediaan modal untuk berwira swasta. Memudahkan regulasi dalam mendirikan usaha agar para investor atau masyarkat dapat lebih mudah mendirikan usaha mereka. Demikian sekilas tentang pengertian Negara Yang Masuk Keanggotaan Mea atau AEC. Semoga Bermamfaat.

No comments :