Tuesday, January 17, 2017

Fenomena Sosial Media Pada Jaman Sekarang

Fenomena Sosial Media Pada Jaman Sekarang. Saat ini penggunaan sosial media sangat marak. Hampir semua orang yang menggunakan smartphone minimal memiliki sosial media. Sosial media menjadi corong setiap orang untuk menyuarakan suaranya, kegiatannya kepada siapa saja di internet. Saat ini, bahkan sosial media telah digunakan orang ke arah yang negatif.

Fenomena Sosial Media Pada Jaman Sekarang

Begitu mudah dan murahnya akses internet maka para netizen bebas menyuarakan apa saja yang mereka pikirkan. Banyak hal yang di share di sosial media. Dari hal yang kurang pantas hingga berita hoax. Negeri ini memang sedang dilanda berita hoax. Banyak fitnah bertebaran di dunia maya. Yang paling parah adalah begitu mudahnya netizen mempercayai berita hoax tersebut.

Apakah Warga Kita Belum Siap Dengan Kemajuan Teknologi Jaman Sekarang?
Salahs satu konsekuensi kemajuan teknologi adalah mudahnya mengakses berita atau apa saja dari Internet. Tidak hanya mudah mengakses bahkan membuat berita pun sangat mudah. Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa besar kemampuan kita untuk memahami kabar yang kita dapatkan atau baca. Hal ini tentu menjadi pertanyaan besar. Jika kita termakan dengan isu-isu yang tidak benar atau belum di konfirmasi kebenarannya akan menjadi masalah besar.

Menurut survey, Pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 150 juta orang. Jumlah itu tentu sangat besar. Jika pengguna internet tersebut menggunakan sosial media sebanyak 100 juta orang. Disajikan dengan informasi yang tidak benar maka bisa menimbulakan masalah. Bisa menimbulkan keresahan di masyarakat, berita akan berkembang bahkan ke orang yang tidak mengakses internet. Berita menjadi viral sehingga menimbulkan prasangka dimana-mana.

Instagram adalah Sosial Media Yang Paling Banyak digunakan

Saat ini sosial media yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Sosial media ini sangat efektif digunakan untuk menyebarkan berita. Yang paling bahaya adalah jika seseorang yang memiliki follower yang sangat banyak, hingga jutaan orang dan menyebarkan berita hoax bisa berdampak buruk. Setiap interpretasi orang berbeda maka berita pun akan menjadi liar.

Baca juga: Cara Cepat menambah Banyak Follower Instagram

Jadi, undang-undang ITE yang sudah diberlakukan sebenarnya sudah tepat. Tapi hal itu tidak membuat masyarkat kita takut atau jera menyebarkan berita hoax. Hal ini perlu diperhatikan, terutama kepada warga kita. Untuk memberikan edukasi yang baik tentang penyerapan informasi dan penegakan hukum. Yang dimaksud disini adalah pemerintah sebaiknya memberikan penjelasan yang agar masyarakat yang menerima informasi mencurigakan sebaiknya dikonfirmasi kebenarannya.

Hal ini juga berlaku untuk sosial media lainnya seperti Twitter dan facebook. Bukan untuk membungkam suara masyarakat tapi memberi edukasi bahwa menyebarkan berita hoax merupakan pelanggaran hukum. Fenomena sosial media di negara kita memang sudah tahap mengkhawatirkan. Ditambah dengan adanya pilkada diseluruh Indonesia, menambah semakin banyak berita yang tidak bisa di pertanggung jawabkan.

Diharapkan kepada pengguna sosial media atau pengguna internet agar memilah dan menelaah berita yang mereka dapatkan dari sumber yang tidak di percaya. Karena saat ini mudah membuat dan menyebarkan berita dengan menggunakan sosial media atau group chat pada smartphone.

No comments :