Saturday, January 7, 2017

Danau Toba Termasuk Jenis Danau Vulkanik

Danau Toba Termasuk Jenis Danau Vulkanik. Danau adalah dataran rendah atau sebuah cekungan dalam yang dipenuhi dengan air tawar. Air danau biasanya bersumber dari air hujan dialirkan oleh sungi yang berhulu ke danau tersebut. Sehingga berkumpulkan air dengan jumlah yang sangat banyak. Danau Toba adalah yang danau air tawar yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.


Proses Terjadinya Danau Toba

Pada sekitar 73.000 Tahun yang lalu terdapat gunung raksasa di kawasan Sumatera Utara. Dahulu kala belum ada yang disebut Pulau Sumatera. Gunung ini disebut dengan Gunung Toba Purba. Saya sendiri sebagai penulis artikel ini, tidak tahu kenapa gunung itu disebut dengan Gunung Toba. Pada waktu itu, yaitu sekitar 73.000 tahun yang lalu manusia belum ada di muka bumi. Yang saya maksud adalah Manusia Modern. Karena menurut perkiraan, manusia di ciptakan sekitar 7.000 tahun yang lalu.
Danau Toba Termasuk Jenis Danau Vulkanik

Gunung Toba Purba tersebut meletus yang mengakibatkan hampir semua muka bumi ditutupi debu vulkanik. Seiring dengan itu maka terbentuklah Danau Toba. Maka Danau ini disebut dengan Danau Vulkanik. Tapi proses meletusnya gunung ini 4 kali ledakan yang super dashyat. Oleh karena saking besarnya ledakan maka terjadilah pergeseran kulit bumi.

Jadi sebenarnya, Danau Toba disebut juga dengan Danau Tektonik Vulkanik yaitu kombinasi letusan gunung berapi dan pergeseran kulit bumi. Yang membuat cekungan yang sangat besar atau luar biasa besar. Danau Toba adalah sebuah kawah raksasa dari sebuah gunung Raksasa. Gunung Toba ini disebut dengan Gunung Super Vulcano.

Letusan Gunung Toba Purba adalah salah satu yang bertanggung jawab atas punahnya binatang purba di bumi. Setelah meletusnya gunung ini. Bumi mengalami penurunan suhu yang sangat drastis. Sehingga sumber makanan tidak ada. Selama bertahun-tahun bumi diliputi debu sehingga sinar matahari tidak sampai ke bumi. Marluk bumi banyak yang punah. Termasuk binatang-binatang purba.

Jenis-Jenis Danau Berdasarkan Proses Terbentuknya

Banyak danau di bumi kita ini. Di negara kita terdapat semua jenis danau, yang terbentuk dari berbagai kejadian alam atau segaja dibuat. Berikut ini jenis-jenis danau berdasarkan tata cara terbentuknya danau tersebut:

Danau Tektonik:
Danau tektonik terbentuk akibat bergesernya kulit bumi yang sangat panjang dan terbentuklah cekungan atau lubang raksasa. Sehingga dapat menampung air dengan jumlah yang sangat banyak.

Danau Vulkanik
Danau yang terjadi akibat meletusnya gunung berapi sehingga tercipta sebuah kawah dan dapat menampung air dengan jumlah banyak.

Jadi danau Toba adalah jenis danau Vulkanik Tektonik karena terbentuk akibat dari letusan gunung berapi dan pergeseran kulit bumi.

No comments :