Tuesday, October 25, 2016

Suku Apa Yang Tertua Di Indonesia?

Suku Apa Yang Tertua Di Indonesia pertanyaan ini tiba-tiba saja melintas di otak saya. Seperti yang sudah kita ketahui suku di Indonesia terdapat ratusan suku yang menjadi warga negara kita. Walau kalau di kelompokan berdasarkan bahasa, kebiasaan dan adat istiadat bisa di simpulkan hanya beberapa suku saja.

Yang kita bicarakan disini adalah Suku yang masih ada dan eksis sampai sekarang. Sebab kalau di telusuri, ada beberapa suku di negara kita yang sudah punah. Di sebabkan berbagai hal. Seperti kalah dari penduduk pendatang atau bencana alam.
Suku Tertua di Indonesia
Suku Tertua di Indonesia. Saat ini yang bisa kita simpulkan hanyalah berdasarkan jumlah. Jumlah suku yang paling banyak secara berurutan mungkin adalah Suku Jawa, Sunda, Padang, Batak, Aceh, Bali, Bugis, dll. Sedangkan di Papua terdapat ratusan suku. Begitu juga di kawasan Pulau Kalimantan dan Maluku.

Karena saya bukan ahli sejarah, maka artikel ini tidak dapat saya pertanggung jawabkan. Saya hanya ingin berdiskusi dengan anda. Karena kebetulan saya adalah orang Batak. Maka saya akan menjelaskan sedikit tentang keberadaan orang batak.

Menurut sejarah, Firaun telah berdagang dengan masyarakat di Barus dan Sibolga untuk membeli Pohon Gaharu dan Kapur Barus. Barus terdapat di Sumatera Utara, dan didiami oleh orang batak. Masa Firaun terjadi sekitar 3000 tahun SM (Sebelum Masehi). Artinya orang batak sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu.

Seperti Sejarah Islam juga, Islam pertama sekali masuk ke Indonesia melalui Sibolga dan Barus. Karena kawasan Sibolga pada masanya telah menjadi salah satu pusat perdagangan di kawasan Nusantara. Saat itu tentu saja belum ada Indonesia. Yang hanya kerajaan di Nusantara. Dan mayoritas kerajaan pada saat itu adalah Kerajaan Hindu atau Budha.

Nah, menurut anda Suku Apa Yang Tertua Di Indonesia?

No comments :