Tuesday, March 8, 2016

Wacana Pemerintah Blockir Google dari Indonesia

Wacana Pemerintah Blokir Google dari Indonesia
Wacana Pemerintah Blockir Google dari Indonesia dan juga Twitter, Facebook. Google adalah salah satu mesin pencari yang paling besar di dunia. Jutaan orang di seluruh dunia mencari nafkah dengan menggunakan metode google. Dengan menggunakan tehnik search engine yang dapat mempopulerkan sebuah website dan berbagai jenis kategori lainnya. Google yang berkantor pusat di Amerika ini memang telah memiliki kantor cabang di belahan dunia. Hal inilah mungkin yang di lihat oleh pemerintah Indonesia, Pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan dan tentu saja akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi google.


Wacana atau ancaman Pemerintah untuk Blockir google dari Indonesia sebenarnya sudah sangat terlambat, paling tidak hal ini sudah harus dilakukan sejak 2010. Pemerintah meminta kepada google agar mendirikan kantor di Indonesia, dimana mungkin hal ini agar google tidak hanya mendapatkan keuntungan saja dari warga Indonesia, tapi memberikan sesuatu kepada negara. Misalnya Pajak dari hasil pendapatan mereka pengusaha yang beriklan menggunakan google.

Sebagian Warga Indonesia menyambut baik wacana ini dan sebagian lagi merasa terancam, karena warga negara Indonesia sangat banyak yang mengandalkan google dalam mencari duit, seperti pada bidang Jasa SEO google, menjadi publisher google dan banyak trik lainnya yang bisa mendatangkan duit dengan jumlah yang lumayan banyak.

Tidak hanya google, Facebook dan twitter juga dalam ancaman, jika kedua sosial media tersebut tidak membuat kantor di Indonesia, maka ketiga web terpopuler di Jagat raya ini terancam akan di Blockir di Indonesia. Saya pribadi sangat setuju dengan wacana tersebut. Banyak juga negara di dunia ini yang melarang google di Negaranya, di China memang tidak di larang, tapi mereka memiliki mesin pencari yang bagus. Di china mesin pencari yang paling populer adalah Bing.com sedangkan di Rusia atau di Eropa timur adalah Yandex.

Beberapa tahun yang lalu, warga Indonesia terutama yang lama berkecimpung di dunia IT telah menciptakan mesin pencari di Internet, tapi sangat jarang digunakan orang Indonesia, warga kita lebih banyak menggunakan produk asing maka website tersebut hilang.

Mudah-mudahan ke depan, google, facebook, twitter mendirikan kantor di Negara kita, pengguna google untuk beriklan di Indonesia sangat banyak, otomatis google hanya mendapatkan keuntungan dari warga negara kita, walaupun memang terdapat ribuan publisher mereka berasal dari Indonesia. Begitu juga dengan Facebook dan twitter, ratusan orang bahkan ribuan orang berbisnis menggunakan facebook dan twitter, tapi pendapatan facebook dan twitter tidak ada yang mengalir ke kas pemerintah. Semoga pemerintah, google, facebook, twitter menemukan solusi yang baik, agar sama-sama senang. Saya sendiri masih sangat mengandalkan google untuk mencari nafkah. Wacana Pemerintah Blokir Google dari Indonesia.

No comments :