Thursday, September 3, 2015

Blogspot di Indonesia berubah Menjadi Blogspot co. id

Blogspot di Indonesia berubah Menjadi Blogspot co. id
Blogspot di Indonesia berubah Menjadi Blogspot co. id, tepat pukul 14.00 wib di Indonesia barat, semua blogpot di Indonesia berubah menjadi co.id yang sebelumnya menggunakan dot com. Hal ini mempengagruhi beberapa hal, seperti PR yang berubah jadi NA. Hal ini sebenarnya sudah lama di wacanakan oleh google sebagai pemilik blogspot, sebagai blog gratisan yang di berikan kepada seluruh dunia yang ingin menulis atau mencari duit melalui internet.


Seperti biasa, alamat blogspot com masih bisa digunakan dengan menggunakan ncr, tapi secara default blog yang di akses dari wilayah Indonesia berubah menjadi blogspot co id.

Untuk sebagian orang hal ini tentu saja tidak ada pengaruh apa-apa, tapi iuntuk internet marketing yang ada di Indonesia hal ini menjadi perhatian serius, karena berkaitan dengan back link yang akan mempengaruhi kw di posisi serp mesin pencari pada google dan lain-lain.

Blogspot di Indonesia berubah Menjadi Blogspot co. id, Hal ini masih rame di bicarakan oleh internet marketing di forum-forum. Apakah dampak perubahan ini berpengaryh besar ke SEO? kita belum tahu pasti karena baru di luncukan pada hari ini, sehingga belum ketahuan dampaknya secara signifikan.

Yang menarik, kenapa tidak pake id saja seperti di negara lain, misalnya jerman de, Ya tidak baik dan aneh adalah kalau blog kita di akses dari luar negeri maka blog kita akan berubah menjadi  sesusai denga alamat web di negara tersebut, jadi kalau kita memiliki content, yang di akses dari berbagai negara, maka kemungkinan akan terjadi duplikasi kontent. Mudah-mudah google dapat mengatasi hal ini, agar tidak ternjadi duplikasi konntent yang bisa membuat  kontent kita tidak baik di SERP.

Sejauh ini belum ada penjelasan yang resmi dari google di Indonesia atau kantor pusat mereka di Kanada, Tapi para temen teman blogger lagi ramai membiacarakan hal ini, apakah kontent yang selama ini telah di bangun akan mengalami penurunan di SERP.

Perubahan nyata pada saat ini adalah :
  • PR berubah jadi NA
  • alamat blog otomatis ke co id
Sebagai orang yang berkecimpung di dunia maya, saya akan mengamati dan menunggu kabar dari pihak google apa saja yang harus di perbaiki, bagaimana selanjutnya agar paham dengan SEO yang di inginkan google.

Bebeberapa saran dari teman-teman blogger adalah untuk merubah back link yang mereka pasang pada blog dummy dengan blogspot co id karena perubahan ini pasti akan berpengaruh ke SEO, yang pastinya akan berubah pada SERP.

Kalau anda tidak suka dengan alamat blogspot co id anda bisa merubahnya dengan cara berikut:
Untuk mencegah pengalihan atau redirect ke blogspot.co.id ini anda bisa melakukan langkah sederhana di bawah ini:
  • Silahkan masuk ke akun blogger anda
  • Masuk ke dalam menu TEMPLATE lalu klik tombol EDIT HTML
  • Pada kolom editor blog anda silahkan masukkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head>
<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
  • save TEMPLATE

No comments :