Thursday, August 27, 2015

Website Revolusi Mental Baru Publish sudah Under Construction

Website Revolusi Mental Baru Publish sudah Under Construction, website yang di bawah naungan kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yaitu Puan Maharani ini, mendapat sambutan yang cukup meriah dari Netizen, tidak sedikit tanggapan negatif dari berbagai pihak. Karena tampilan dan kontent yang ada di pada website tersebut tidak menarik dan katanya murahan. Di tambah lagi masalah bajet yang digunakan cukup wah...

Mengenai bajet, beberapa pihak mengatakan untuk membangun server dan website tersebut mencapai 140 M. Sementara pihak lain mengatakan Deputi Kebudayaan Kemenko PMK Herbin Manihuruk, dana untuk membangun website tersebut tidak lebih dari 20 juta.


Opini:
Jika website tersebut dibangun dengan bajet dibawah 20 juta, maka servernya di letakkan dimana? Nebeng kah ke server orang (jasa webhosting). Bagaimana spesifikasi servernya? website yang notabene adalah website pemerintah yang tidak tertutup kemungkinan di akses jutaan orang setiap hari.

Berapa sih harga server untuk website?
Untuk kelas go.id (pemerintahan, tidak boleh main-main, harus kualified, karena harus bisa di akses ribuan orang sekaligus).

Berapa biaya membangun sebuah website untuk kepemerintahan?
Harusnya tidak kurang dari 150 juta, karena website harus melewati penetration testing dan audit security lainnya.

Web server harus memiliki ruang khusus, suhu yang dingin dan stabil, daya listrik yang stabil, UPS yang memadai. UPS digunakan untuk menghindari jika listrik dari PLN tiba-tiba padam.

Nah, dengan sedikit penjelasan diatas, maka mungkinkah biaya pembangunan website tersebut di bawah 20 juta?


Website Revolusi Mental Baru Publish sudah Under Construction

Tulisan terakhir pada website revolusimental.co_id

"Terima kasih atas saran dan masukannya terhadap web revolusimental.go.id.
Sejak awal dalam melaksanakan setiap kegiatan, Kami menjunjung tinggi
nilai-nilai integritas, termasuk dalam membangun web revolusimental.go.id.
Kami akan bekerja keras untuk memperbaikinya agar menjadi lebih baik. Mari
bersama-sama melakukannya.."

Website ini down (tidak bisa di akses) kemungkinan tidak kuat karena di akses banyak orang. Tapi kemungkinannya baru di akses ratusan orang, karena memang belum terkenal.

Sekarang ini, website tersebut seperti gambar yang diatas.

Kita tunggu saja, berakhir seperti apa website revolusimental ini. Mudah-mudahan lebih baik, jangan hanya mengejar target untuk penyerapan anggaran dana.

No comments :