Thursday, December 19, 2013

Web di Hack, Bagaimana Solusinya?

Web di Hack, Bagaimana Solusinya?, 2 bulan terakhir ini telah terjadi perang hacker antara Hacker Indonesia dan Hacker Australia, iya, parang hacker Indonesia bergerilya di alam maya, melumpuhkan situs-situs penting milik pemerintah Australia dan sebaliknya, Hacker Australia menyerang situ-situs Indonesia.

Iya, semua mungkin sudah tahu apa yang menjadi penyebabnya. Karena Australia menyadap Presiden SBY dan First Lady (Ibu Ani) dan beberapa pejabat tinggi Indonesia. Tidak terima di perlakukan seperti itu, dari jalur diplomasi dan dari dunia mayapun beraksi, maka tejadilah perang dunia maya.


Perang dunia maya? apa korbannya?
Perang maya, sebenarnya hampir tidak bisa di tangkal, selagi alat komunikasi (internet masih bisa di pakai) masih bisa digunakan maka, serangan dari luar negeri atau dari manapun tidak bisa di tangkal, sekalipun di block IP dari negara tertentu tapi masih bisa di alihkan menggunakan tools tertentu, seakan-akan IP yang kita gunakan dari negara lain. Korbannya, situs-situs populer, untuk menunjukkan eksistensi dan biasanya tidak merusak data. Tapi tidak ada jaminan, data yang di lihat oleh hacker tidak di ambil dan bisa juga di jual ke pesaing bisnis anda.

Jadi, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah perbaikan dari segi security system, meliputi server, jaringan, aplikasi dan itupun belum tentu aman. Karena Pada dasarnya tidak ada 1 situs di dunia ini yang bisa dikatakan aman 100%, kenapa? karena, sehebat apapun suatu sistem pasti ada kelemahannya. Yang membedakan hanya, tingkat keamanannya saya.

Oleh, karena itu hal-hal yang perlu di lakukan hanyalah tindakan antipasi, atau meminimalkan resiko yang mungkin akan terjadi, seperti Penetration testing, testing aplikasi, server, jaringan dan alat-alat yang berhungan dengan jaringan.

Ada baiknya anda memperkejakan tenaga security system untuk berjaga-jaga agar system anda relatif aman, tetapi anda juga harus menyewa tenaga Jasa security (Tester) atau Jasa Penetration tester untuk mencoba menganalisa sejauh mana tingkat keamanan dari system anda. Systerm yang baik adalah system yang telah teruji dan tentu saja yang menguji harus dari luar perusahaan anda.

Dalam hal ini, Jasa penetration testing yang yang anda tunjuk sebaiknya suatu organisasi sehingga merekea dapat mempertanggung jawabkan semua tindakan dan laporan secara berkala kepada perusahaan anda.

No comments :