Thursday, November 7, 2013

Toko Online, Apa Yang harus Anda lakukan?

Toko Online, Pada kesempatan kali ini saya akan menulis pengalaman pribadi tentang cara marketing atau tenik berjualan di internet. Ternyata setelah beberapa tahun mencoba nyari duit dari internet, saya menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Ternyata produk kecantikan, sangat susah di jual melalui online, menurut analisa saya, hal ini karena wanita lebih suka melihat dulu dan mendengarkan (bergosip ria sama temannya, baru mau membeli, dan cenderung, kalau kata temannya bagus, baguslah itu, sehingga saya menjadi sangat paham kenapa para produsen produk kecantikan menggunakan SPG yang cantik cantik di mall atau pusat perbelanjaan untuk menjual produk mereka).

  • Persaingan bisnis online akan semakin ngeri dan beberapa tahun ke depan, semua orang akan mencari produk via online, terutama baju, sepatu, buku, barang elektronik lainnya. Menurut pengalaman pribadi penulis, bahwa yang mencari produk dari internet, adalah generasi yang berumur 40an tahun ke bawah >15 tahun. Nah, golongan umur 45 tahun keatas masih mengandalkan belanja secara langsung, dan kebanyakan dari mereka cenderung gaptek.
  • Potensi Toko Online ke depan khususnya di Indonesia akan semakin baik karena Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk yang sangat besar.
Berangkat dari 2 faktor diatas, maka potensi wira usaha, dalam dunia online potensinya sangat besar.

Apa yang harus di lakukan, mulailah berbisnis online, Buat Toko Online cari produk yang akan di kemungkinan banyak di cari orang.

Sebenarnya, berjualan di internet butuh tenaga extra, butuh kesabaran, dedikasi, tetapi hal yang paling utama adalah pelayanan yang baik dan prima, dalam arti bahwa produk yang di jual sesuai dengan yang telah di sepakati dan tepat waktu.

Ribuan pedagang online yang terkapar karena mereka tidak memahami dengan baik tehnik berjualan online, berjualan online butuh waktu yang cukup lama dan menggaet pelanggan baru tidaklah mudah, para pelanggan sangat mudah berpindah semudah mengedipkan mata, kecuali barang yang di jual hanya kita saja yang jual, tetapi hal itu hampir mustahil. Jualan online tidak boleh menjadi andalan utama dalam mencari penghasilan, karena resiko besar selalu mengancam, seperti web kita di hack orang atau di isengin, perpindahan pelanggan yang semudah mengedipkan mata, dan banyak faktor lain, yang membuat resiko berjualan online sangat besar.

Jadi, sebenarnya berjualan online harus juga memiliki tempat dagangan atau gedung yang nyata. Sehingga lebih aman dan sehingga tidak bertumpu pada online saja.

Mulailah berjualan, iklankan di berbagai tempat pengiklanan gratis, sabar dan berdoa


2 comments :

ipankint said...

Sayangnya jual-beli online banyak dikotori oleh para penipu.
Para penjual online yang baru berkecimpung jadi kena imbas.
Belum apa-apa udah dicap penipu dulu. Harus punya kesabaran tinggi melayani berbagai macam pembeli.

Adnan Pitrian said...

Bener sekali, makin kesini penjualan online makin banyak dan makin ketat persainganya jadi harus pintar-pintar mengolahnya.