Wednesday, March 13, 2013

Penerapan Tahapan Metodologi Pengembagan Perangkat Lunak dengan Menggunakan RUP (Contoh Kasus)

Rational Unified Process
Berikut ini kelanjutan untuk artikel Rational Unified Process adalah penjelasan tentang Peran Inception, Eloboration, Construction, Transistion, sehingga kita dapat memahami dengan baik, pada saat komponen ini digunakan, yang pada akhirnya akan membuat program yang kita buat akan menghasilkan program terstruktur dan rapi, mudah di kelola dan mudah mendeteksi seandainya terjadi eror.


Metodologi Rational Unified Process (RUP). Metode RUP merupakan metode pengembangan kegiatan yang berorientasi pada proses. Dalam metode ini, terdapat empat tahap pengembangan perangkat lunak yaitu:

Inception:
Pada tahap ini pengembang mendefinisikan batasan kegiatan, melakukan analisis kebutuhan user, dan melakukan perancangan awal perangkat lunak (perancangan arsitektural dan use case). Pada akhir fase ini, prototipe perangkat lunak versi Alpha harus sudah dirilis

Elaboration :
Pada tahap ini dilakukan perancangan perangkat lunak mulai dari menspesifikasikan fitur perangkat lunak hingga perilisan prototipe versi Betha dari perangkat lunak.

Construction:
Pengimplementasian rancangan perangkat lunak yang telah dibuat dilakukan pada tahap ini. Pada akhir tahap ini, perangkat lunak versi akhir yang sudah disetujui administrator dirilis beserta dokumentasi perangkat lunak.

Transition:
Instalasi , deployment dan sosialisasi perangkat lunak dilakukan pada tahap ini.

No comments :