Thursday, November 8, 2012

Mamfaat PR Blog atau Website

Mamfaat PR Blog atau Website, (page rank) beberapa kali saya mendengar pertanyaan, wah Blog atau webnya sudah PR segini, di apain sih?, Nah! kebetulan dalama 2 hari ini adalah hari penilaian PR, Apakah hari penilaian PR ini berlaku untuk seluruh Dunia atau hanya Indonesia saja, saya tidak tahu persis, yang pasti, setelah saya cek PR blog-blog saya, ada yang naik dan ada yang turun. Di sebagian orang hal ini mungkin adalah kabar baik.

Yang menjadi pertanyaan adalah, (karena saya masih newbie), mana lebih penting PR daripada jumlah visitor? PR tinggi, tp visitornya naturalnya sedikit (visitor dari seacrh engine) PR kecil tapi visitornya banyak. Kalau saya sih lebih memiulih jumlah visitor.



Setelah saya amati, ternyata hubungan PR dan Visitor berhubungan erat, kalau PR blog kita tinggi maka artikel (bukan copas) akan di tempatkan search engine di urutan lebih tinggi dari artikel blog yang PR nya rendah. Dalam arti artikel yang di bahas adalah topik yang sama. Jadi kesimpulannya, Kalau artikel dan PR blog anda tinggi maka kemungkinan visitor naturalnya akan lebih banyak. Tetapi, kunci utaman adalah content, content adalah raja, apapun topik dari website anda, sebaiknya jangan copas, karena hampir pasti, search engine akan menganggap content anda adalah sampah.

Bagaimana cara google menentukan PR blog atau website anda?
Berdasarkan penjelasan dari wikipedia, Page Rank adalah suatu alat yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk menentukan situs mana yang lebih populer dan layak untuk ditampilkan pada halaman utama mesin pencari google. Page rank dihitung dari 0-10. Semakin tinggi page ranknya. Semakin populer pula situs tersebut di halaman mesin pencari. Untuk mengetahui cara google menilai PR silahakan baca disini http://en.wikipedia.org/wiki/Page_rank

Jadi, Bagaimana cara menaikkan Page Rank (PR)?
  • Content Berkwalitas
  • Conten berkaitan dengan Description blog anda
  • Blog walking
  • Rajin menulis Content
  • Dan ada 1 lagi, (saya tidak akan tulis disini, karena ada pepatah mengatakan, Jangan memberi tahu semua yang anda ketahui...:-D )
Masalah klasik, PR blog kita tinggi, tetapi kalau tidak bisa menghasilkan uang, sama saja buang-buang waktu. Jujur saja, nge-blog itu membutuhkan banyak waktu dan menulis content yang berkwalitas lumayan susah. Menulis content blog, tapi tidak mengasilkan duit, ampun dah.

2 comments :

Mirza Sharz said...

Buat saya sih bukan pagerank nya yang lebih penting itu traffik, sebab percuma saja pagerank blog tinggi kalau pengunjungnya sepi. Ngeblog jangan terlalu serius apalagi dengan dibarengi nafsu mengejar materi. Nge-blog lah dengan tulus dan iklas alias tanpa pamrih, bukankah masih ada hal lain yang lebih bernilai daripada sekedar uang?

Rudi Lumban Gaol said...

Pak Mirza,

Iya Bapak Benar!
Tapi, ngiri juga ma orang2 yang jago SEO, dapat ribuan dollar perbulan, dapat mobil, rumah, nah... kita kapan?
:-D