Tuesday, September 11, 2012

Tips Jualan Online

Tips Jualan online atau cara jualan online agar sukses, seiring perkembangan jaman terutama perkembangan dunia information technology (IT) dan penggunaan smart phone sudah menjadi trend dalam kehidupan masyarakat kita, terutama di kota-kota besar seperti jakarta. Untuk mendapatkan informasi apapun bisa dari manapun, dari meja kantor, tempat kongkow atau dari tempat tidur.

Jakarta menjadi pusat bisnis di Indonesia, masyarkat jakarta menjadi gabungan dari masyarakat Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok. Kenapa bisa seperti itu? karena setiap hari mayoritas masyarakat kota yang disebutkan diatas bekerja atau berbisnis di Jakarta pada siang hari. Mengakibatkan Jakarta menjadi sangat macet pada siang hari. Kalau sebelum tahun 2000, kemacetan Jakarta hanya pada hari kerja Senin-Jumat, sekarang Senin-Minggu, parah!.

Masalah diatas tidak hanya menimbulkan masalah tetapi memunculkan peluang bisnis online, kenapa? Contoh, Seorang ibu pekerja kantoran (berada di Cengkareng) mau membeli Sepatu sekolah untuk anaknya, dengan merk tertentu, yang di jual toko A. Toko A berada di Jakarta Pusat. Seperti yang sudah di jelaskan diatas, bahwa jakarta sangat macet akan membutuhkan waktu untuk pulang pergi dan belanja minimal 3 jam. 3 Jam adalah waktu yang sangat berharga. Sehingga Ibu tersebut memesan sepatu tersebut dari internet, dan tidak begitu lama, sepatu yang di pesan sudah tiba, pembayaran di lakukan setelah barang/sepatu tiba di tempat ibu tersebut. Beres!

Tunggu dulu, Sebelum terjadi transaksi seperti diatas, kita perlu memasarkan produk-produk yang kita jual, baik dari iklan, SEO, Social media/Network, maupun dari mulut ke mulut. Berikut ini adalah tips jualan online agar sukses.
  1. Lakukan Riset kecil-kecilan untuk mencari tahu, apakah produk yang akan anda jual di cari orang di internet. kalau anda mau jualan gula, sabun mandi biasa, sabun cuci biasa, sebaiknya lupakan jualan online. Baik, anda sudah menentukan produk yang akan di jual secara online.
  2. Beli web toko online, untuk toko Online, anda harus memperhatikan web mereka dengan baik (biasanya, setiap penjual toko online menyediakan demo atau klien mereka yang sudah exist), apakah cukup informatif, apakah kecepatan loadingnya bagus? apakah SEO friendly? Gunakan tools ini untuk melihat kecepatan loads web mereka http://whichloadsfaster.com/ atau https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights
  3. Oke, toko online anda sudah ada contoh: www.jualankoe.com, (nama toko online anda, sebaiknya singkat, mudah di ucapkan, kalau bisa, berhubungan dengan produk yang anda jual, cth. google, yahooo. detik, cctvstore) 
  4. Sabar, Jualan online tidak seperti dipasar, atau di pusat perbelanjaan, harus sabar, 3 bulan, bisa-bisa belum ada yang belanja.
  5. Pelajari cara mengoptimasi web (agar produk anda berada di halaman pertama search engine, seperti google, msn, dll), SEO (search engine optimization), Anda harus mempelajari tehnik SEO atau membayar orang untuk melakukan tehnik SEO
  6. Promosi di Forum-forum, sosial media (facebook, twitter, myspace, dll), harus rajin dan ulet
  7. Berikan Layanan terbaik, dalam arti: responsif, ramah, kualitas terbaik, bergaransi, delivery produk sesuai kesepakatan, jujur dan terpercaya.
Karena, setelah anda menjual produk anda, tanpa pelayanan yang baik, anda akan sulit berkembang, pelanggan anda akan bercerita tentang produk/layanan anda ke orang lain, orang lain akan bercerita ke orang lain. jadi, pelayanan adalah salah satu kunci jualan online.

Jualan Online itu tidaklah mudah dan juga tidak sulit, butuh komitmen tinggi, serta punya prosfek yang sangat bagus.Tertarik? Do it now!

Demikian Tips atau cara jualan online ini saya sampaikan, semoga bermamfaat!
Untuk pemesanan toko online yang SEO friendly hubungi: