Wednesday, September 19, 2012

Apa Yang di Maksud Dengan Hacker

Apa yang di maksud dengan Hacker, Phreaker, Cracker, Scammer, Defacer, Script kiddies, Hacker wannabe, Newbie? Istilah diatas adalah istilah untuk orang-orang yang bisa merusak, mencuri data/informasi anda. Dunia Teknologi Informasi, khususnya Internet dan pemamfaatannya tidak bisa di hindari pada jaman sekarang, dengan teknologi informasi semuanya jadi mudah, bertukar informasi atau pengiriman dokumen, baik dokumen bisnis maupun hanya foto-foto kenangan bersama sahabat semuanya lebih mudah.

Atau kalau memiliki bisnis online kita bisa saja hanya duduk di depan komputer, para pelanggan kita berdatangan untuk membeli produk atau jasa layanan yang kita miliki. Tetapi hal di atas bukan tidak memiliki resiko, karena berisko tinggi maka anda butuh pengamaman dari segi teknologi informasi atau security web, security system, dan Penetration testing. Berikut ini adalah penjelasan tentang orang-orang yang kemungkinan bisa mencuri, merusak, menyalahkan gunakan data pribadi anda atau data perusahaan anda berdasarkan tingkat kemahiran atau tingkat berbahayanya:
  1. Hacker, memiliki kemampuan yang baik dari segi pemrograman dan system (networking), Hacking adalah sebuah seni ketrampilan mengoperasikan/mengendalikan/menguasai komputer mencakup semua aspek mulai dari level dasar sampai level tertinggi baik dalam komputerisasi dasar, pemrograman dasar sampai dengan jaringan yang sangat rumit. Sedangkan orang yang mampu melakukan itu semua di beri julukan ?hacker?. Hacker umumnya JUSTRU tidak sangat ingin di publikasikan apalagi sampai menggembar-gemborkan dirinya adalah hacker. Justru hacker cenderung diam dan tertutup dengan status sosial yang sangat normal. Bahkan sangat tidak mungkin anda sangka seseorang yang pendiam dan lugu bahkan culun adalah seorang hacker (bukan berarti semuanya). Hacker umum-nya tidak merusak, mereka kebanyakan mencari informasi/data penting tingkat tinggi bukan untuk mencuri/kesenangan tapi lebih cenderung untuk mengetes, bukan mengetes kemampuan mereka tapi system yang sedang mereka hadapi. Kebanyakan hacker tidak sangat mudah di kalahkan mereka mampu menguasai dan memutar balik keadaan karena mereka bisa di anggap satu level dengan system. Jadi kalau ada yang teriak “HAI SAYA INI HACKER” apakah dia memang masuk kategori hacker ataukah malah masuk kategori lain-nya yang lebih spesifik?
  2. Cracker, Cracker bisa di kategorikan sebagai orang yang memahami jenis pemrograman tingkat tinggi dan sedikit pengetahuan jaringan. UMUM-nya cracker kebanyakan membuat kemampuan untuk membuah sebuah program untuk meng-disfungsikan/me-manipulasi jalur yang seharusnya. Contohnya: Cracker membuat sebuah program agar program yang seharusnya berbayar menjadi gratis. Cracker tidak terlalu memahami seluk beluk jaringan mereka kebanyakan umum-nya cenderung menyukai segala sesuatu yang bersifat GRATISAN. 
  3. Defacer Pernah ada suatu kasus saya melihat orang dengan bangganya memamerkan nama panggilannya didalam sebuah website milik orang lain. Lalu berkata ?Website itu sudah aku hack? HACK? SUMPE LO? defacer kebanyakan umum-nya adalah orang iseng yang sedang ingin mencoba mencari tau baik dari segi ilmu, kemampuan, dan jati diri? kebiasaan yang paling mudah diketahui adalah mereka gemar merubah tampilan website menggunakan/memanfaatkan kelemahan bug/kecacatan dalam sebuah program. Defacer umumnya tidak begitu memahami tentang level pemrograman mereka lebih cenderung memahami tentang kinerja sebuah webserver beserta script yang ada didalamnya. 
  4. Phreaker Mungkin jarang di Indonesia yang pernah mendengar kata ini. Phreaker ini sebenarnya hampir sama sifatnya dengan cracker dimana sama-sama menyukai GRATISAN. Bedanya Phreaker lebih fokus ke dalam bug jaringan/telekomunikasi. Contoh mudahnya orang bisa menelpon gratis padahal seharusnya berbayar, atau contoh lainnya seseorang menggunakan bug yang ada didalam sebuah perusahaan telekomunikasi (meskipun tidak diketahui bocornya informasi ini hasil sendiri atau diberi tahu orang dalam) itu adalah salah satu kegiatan phreaking dan orang yang melakukannya di sebut phreaker. 
  5. Hacker Wannabe ini yang sangat banyak dan mudah di jumpai di Indonesia banyaaaaaaakkkkkkkkk sekaliiiii? terutama di forum-forum. Saya kurang paham arti harfiah hacker wannabe tapi sebenarnya ini lebih cenderung mengarah ke psikologi dimana umum-nya para hacker wannabe ini ingin melakukan sesuatu yang gila dan di luar kenormalan baik di dalam cakupan kemampuannya atau diluar kemampuannya dengan tujuan mendapatkan pengakuan hebat. 
  6. Script kiddies Ini juga sangat mudah dan banyaaak bisa di temukan di Indonesia. Kebanyakan script kiddies ini kebanyakan berbicara blablabla padahal sebenarnya dasar tentang apa yang dia lakukan dia tidak paham. Script kiddies bisa di masukkan dalam kategori advanced user dimana keahliannya adalah menggunakan, bukan menemukan apalagi sampai tingkat ?menciptakan? kebanyakan manusia bergaya script kiddies adalah para defacer yang suka merubah tampilan website dengan menggunakan tools/software/program yang bukan buatannya/hasil pemikirannya sendiri.atau mampu dari orang di sekitarnya. Contoh paling mudah kalau kalian punya teman yang mengaku bisa/jago hacking facebook/friendster dia termasuk dalam kategori hacker wannabe.
  7. Scammer Kalau ini sih dulu sempat booming di Indonesia sekitar tahun 2000-2005 kalau di Indonesia dulu di beri julukan frauder alias penipu dunia maya yang cenderung menyukai melakukan penipuan/manipulasi/generalisasi kartu kredit untuk mendapatkan beberapa barang kesukaannya. Hampir sama jenisnya dengan cracker/phreaker namun sangat ceroboh dan bodoh. Umumnya scammer/frauder ini memahami tentang seluk beluk jaringan namun sangat buta tentang pemrograman dasar dan keamanan. 
  8. Newbie kalau yang ini sih sudah tidak perlu di letakkan dalam posisi abu-abu. Group newbie ini memang benar-benar pemula alias orang yang mungkin benar-benar baru menggunakan komputer. Kebanyakan newbie bisa berkembang menjadi Hacker, Cracker, Defacer, Phreaker, Hacker Wannabe, Script kiddies, sampai Scammer. Newbie ini seperti sebuah telur yang akan ditentukan oleh tingkat pengetahuannya untuk menangkap sebuah pelajaran atau keadaan lingkungannya. Newbie bisa berubah menjadi apa saja asal ada pendukungnya dan bagaimana cara dia menilai sesuatu berdasarkan pikirannya. 
Di urut berdasarkan tingkat kemampuan dan berbahaya-nya reputasi berdasarkan kategori:
  1. Hacker 
  2. Phreaker 
  3. Cracker 
  4. Scammer 
  5. Defacer 
  6. Script kiddies 
  7. Hacker wannabe 
  8. Newbie
Dari Penjelasan diatas, timbul pertanyaan:
  • Bagaimana kalau data-data client saya atau data perusahaan saya di ambil orang dan di salah gunakan atau malah di jual ke pesaing?
  • Bagaimana kalau harga produk toko online saya di rubah orang? produk saya kan berjumlah ribuan item, saya tidak mungkin ingat semuanya?
Hal diatas adalah pertanyaan yang sangat sederhana dan mungkin bisa terjadi..........

Apa yang harus dilakukan?
Security Web baik dari segi aplikasi, jaringan, dan most important adalah Penetration testing untuk aplikasi atau security system anda.

    8 comments :

    Rudi ansyah said...

    saya kadang gak suka kalo hacker ngacak2 fb saya... tp mau gmana lagi... ilmu ane masih newbie forever hehehe...
    kita doakan saja hacker ada yang baik juga...
    link agan dah ane pasang di Blog Mas Rudy

    Rudi Lumban Gaol said...

    Protes dong ke FB terdekat..:-D
    server mereka yang terdekat yang kurang aman, yang pasti aplikasi FB canggih dan keren kok...:)

    Ary_Putra said...

    Kunjungan balik mas..Konfirmasi aja nih, untuk edit pemasangan link yang di harapkan sudah terlaksana dgn baik mas bro. Mohon silakan cek DISINI Terima Kasih

    Anonymous said...

    @Rudi Ansyah : Kalo menurut pengalaman pribadi, banyak sekali orang bilang kalo facebooknya dihack orang padahal akun facebook tersebut emang keblokir karena emailnya tidak valid karena emailnya gak pernah dipake login sehingga tidak sadar kalo emailnya menjadi non-aktif

    Zenia said...

    Kepada Yth.
    Bapak Rudi Lumban Gaol

    Dengan Hormat,

    Perkenalkan, nama saya Zenia dari Selasar. Berikut adalah profile saya di Selasar: https://www.selasar.com/profile/38124/Zenia-Zn

    Mohon izinkan saya memperkenalkan Selasar. Selasar adalah sebuah platform berbagi pengetahuan, pengalaman dan wawasan. Di Selasar, pengguna dapat memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan menulis jurnal. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda dapat melihatnya di link ini: https://www.selasar.com/site/about

    Saya telah membaca tulisan Anda di blog http://www.pakgaol.com/2012/09/apa-yang-di-maksud-dengan-hacker.html dan menganggap tulisan Anda sangat inspiratif.

    Terkait hal tersebut, bolehkah kiranya tulisan Anda di http://www.pakgaol.com/2012/09/apa-yang-di-maksud-dengan-hacker.html dapat kami bantu muat, promosikan, dan publikasikan ulang konten yang ada di dalamnya pada forum Q&A (Questions & Answers) via selasar.com, mengingat cara penyampaian dan substansi yang sangat baik dalam tulisan tersebut.

    Kami akan bantu sebarkan tulisan tersebut via jejaring digital yang kami miliki. Harapannya, ketika tulisan tersebut mendapatkan exposure yang lebih luas, semakin banyak orang yang akan terinspirasi dan mengetahui ide serta gagasan Anda.

    Terima kasih. Mohon konfirmasi dan kabar baik dari Anda.

    Salam,
    Zenia

    Rudi Lumban Gaol said...

    Dear Zenia,
    Silahkan... yang penting ada memberitahukan sumbernya, terimak kasih

    Zenia said...

    Halo, Pak Rudi!

    Terimakasih atas persetujuannya. Jika tulisannya telah dimuat di Selasar, kami akan menghubungi Anda kembali.

    Salam,
    Zenia

    Zenia said...

    Halo, Pak Rudi!

    Tulisan anda telah dimuat di Selasar. Agar anda dapat mengaksesnya silakan kirimkan email anda karena email dan password akun Selasar anda akan kami kirimkan.

    Terimakasih.