Traffic Adalah

Traffic adalah banyaknya pengunjung yang datang ke website anda. Traffic sangat penting untuk website anda, tanpa traffic segala sesuatu yang anda share (tulis/upload) di website anda akan menjadi sia-sia, tidak ada yang tau dan baca.

Pada website, Bandwidth dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data yang telah dilakukan oleh website Anda. Jumlah Bandwith yang telah terpakai ditentukan oleh jumlah pengunjung , banyaknya halaman yang dikunjungi pada website Anda dan bagaimana website Anda ditampilkan.

Informasi mengenai traffic pada website dapat dilihat di Cpanel pada menu Logs->Bandwidth


Informasi yang menunjukkan jumlah bandwith yang telah terpakai.

Apa itu bandwith limit?
Contoh, Paket Personal hosting 200MB di suatu webhosting dan bandwith perbulan adalah 15 GB. Artinya jika website Anda menggunakan paket personal hosting 200 Mb, maka batasan untuk bandwidth adalah 15 GB/bulan. Apabila website Anda melewati batasan bandwidth 15GB, maka pengunjung tidak akan dapat mengakses website Anda.

Batasan ini berlaku perbulan, artinya jika bulan ini website Anda telah melewati batasan bandwith yang diberikan, maka bulan depannya, website Anda sudah dapat diakses lagi (Bandwidth akan dihitung kembali mulai dari 0). Anda dapat merequest untuk upgrade paket (dengan bandwidth yang lebih besar tentunya) kepada perusahaan hosting Anda, apabila terjadi over limit pada bandwidth di website Anda.

Apa saja yang dapat mempengaruhi traffic Anda?
  1. Tampilan website yang “WAH”, Anda tentu saja ingin website Anda tampil indah dan menarik. Namun tentu saja ada konsekuensi untuk traffic. Setiap kali halaman website ditampilkan, akan menghabiskan traffic sesuai dengan besarnya halaman tersebut. Sehingga halaman dengan banyak gambar akan relatif lebih menghabiskan bandwidth dibanding halaman yang berupa dengan tulisan saja.
  2.  Upload dan download, Proses upload dan download yang dilakukan website Anda juga berpengaruh pada traffic. Semakin banyak Anda melakukan upload/download, maka semakin besar jumlah traffic yang digunakan.
  3. Pop dan SMTP, Jika Anda menggunakan software e-mail ke komputer Anda (contoh: Outlook, Eudora, Windows mail) untuk menerima dan mengirim e-mail, maka untuk menarik e-mail ke komputer Anda (dengan menggunakan POP3) atau mengirimkan e-mail (SMTP) akan mengorbankan traffic Anda.
  4. Jumlah penggunjung atau traffic, Jumlah pengunjung yang banyak sudah pasti menggunakan bandwith yang anda miliki, tetapi hal inilah yang diharapkan, harapan setiap orang untuk mendapatkan traffic atau visitor

Posting Komentar untuk "Traffic Adalah"