Friday, August 3, 2012

Tips Memilih Web Hosting

Tips Memilih Web Hosting, hal ini sangat penting, karena berkaitan dengan bisnis anda ke depan.
Web hosting adalah tempat penyewaan server sebagai tempat website (domain) yang kita miliki bisa di akses darimana saja. Memilih web hosting yang tepat akan mengurangi resiko bisnis anda ke depan, berikut ini adalah tips untuk memilih web hosting.

Zaman sekarang Tempat penyewaan webhosting sangat banyak, mereka menawarkan berbagai fitur-fitur yang sangat murah, space yang cukup besar, bandwith yang cukup besar dan system support yang bisa di hubungi kapan saja, 24 jam, 7 hari dalam seminggu, setahun penuh.

Tips memilih Web Hosting
  • Berapa besar File/website yang akan anda simpan di hosting, karena hal ini berhubungan dengan biaya, semakin besar jumlah space yang anda pesan, maka akan semakin mahal
  • Seberapa banyak visitor yang anda harapkan atau seberapa banyak visitor (estimasi) anda dalam 3, 6, 9, 12 bulan ke depan? hal ini juga berhubungan dengan biaya, karena anda juga harus membayar biaya bandwith, tetapi kalau visitor website anda sedikit, atau nyaris tidak ada pengunjung setiap harinya, berarti anda membuang uang anda dengan sia-sia
  • Kualitas web hosting, Kualitas dari sebuah Web hosting sangat penting. Jangan mudah teriming-imingi oleh harga yang sangat murah. Perlu di cek dulu kualitas Web Hosting tersebut. Misalnya kekuatan komputer server yang digunakan, keamanan, kecepatan akses dll.
  • Anda bisa menggunakan tools berikut ini. Pada tools ini, anda coba cek nama domain yang tempat penyewaan hosting tersebut, semakin tinggi pointnya berarti web hosting tersebut bagus(yang paling bagus point 100, tetapi penulis belum pernah menemukan website yang pointnya 100) semakin nilai rendah, berarti kualitasnya jelek.  https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights
  • Fasilitas Fitur dan Layanan yang ditawarkan, Ini juga merupakan hal penting dalam memilih sebuah Web Hosting. Periksalah fasilitas yang ada, apakah sudah memenuhi apa yang kita butuhkan dan mampu menampung perkembangan website atau blog anda. Salah satu fasilitas penting ialah management web hosting, yaitu mencakup pengaturan Domain (alamat Web kita) . selain itu, apakah Web Hosting yang kita pilih itu mendukung untuk migrasi data atau pindah Hosting.
  • Harga, Harga yang murah pun tidak masalah asalkan berkualitas, fasilitas dan fitur diatas semuanya terpenuhi. Sebenarnya harga sebuah Web Hosting itu tergantung jumlah space yang ingin kita sewa. Namun kita pun harus jeli dan berpikir rasional terhadap harga yang ditawarkan oleh layanan Web Hosting tersebut. Termasuk akses unlimited yang ditawarkan dengan harganya. Jangan salah, sekarang banyak sekali penyedia web hosting awalnya menawarkan fitur dengan kapasitas serba mewah dengan harga yang murah namun akhirnya memaksa kita membayar lebih mahal setelah anda membutuhkan upgrade.
  • Customer Service/Support dan Lokasi Perusahaan, Internet ini rawan dengan penipuan. Oleh karena itu anda perlu menelusuri terlebih dahulu Customer Support dan lokasi perusahaan sebuah layanan Web Hosting. Yang saya maksud bukan artinya kita harus mengunjungi kantornya, tapi kita cukup menghubungi Customer Support nya. Kalau kita dilayani dengan baik dan pertanyaan kita dijawab dengan memuaskan, maka sudah pasti layanan Web Hosting yang kita pilih itu benar-benar profesional.
  • Resiko, Jangan asal milih, periksa dan re-check, Setiap keputusan yang kita ambil semua mengandung resiko, apapun itu. Pertimbangkan hingga matang resiko yang mungkin dihadapi dalam memilih sebuah Layanan web hosting, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Beberapa layanan web hosting mungkin menyediakan fasilitas free trial (mencoba terlebih dahulu selama beberapa hari) tetapi mungkin saja setelah beberapa bulan anda menemukan masalah dan ingin berpindah hosting tapi menghadapi masalah lain seperti tidak adanya jaminan uang kembali dan susahnya proses transfer keluar dari penyedia hosting tersebut, dll.
Dengan tips yang diatas, saya pikir anda tidak akan terjebak  oleh web hosting yang membuat anda pusing.

Pengalaman pribadi, setelah beberapa kali pindah webhosting, (penulis tidak bisa menyebutkan nama perusahaan  tersebut, hal itu sangatlah tidak baik, malah cenderung mencari musuh), akhirnya saya menemukan  untuk hosting web-web yang saya miliki.

Mereka bisa memenuhi harapan saya, server stabil dan customer supportnya tanggap dan cepat!

Semoga tips memilih web hosting ini berguna buat teman-teman!

No comments :