Thursday, August 9, 2012

Security Web dan Pentest Web

Security Web, adakah yang berani mengatakan "bahwa web kami aman 100%", "jaringan kami aman 100%", "Aplikasi kami aman 100%", kalau ada yang berani mengatakan seperti hal diatas, itu adalah hal yang berlebihan. Sejauh ini, tidak ada yang berani menjamin bahwa system mereka benar-benar aman.

Perkembangan Dunia IT, Security Web, Aplikasi dan Networking.
Sangat banyak produsen Anti Virus atau yang memproduksi software anti virus, tetapi tidak ada yang berani menjamin bahwa software mereka mampu menangkal serangan virus-virus atau hacker, cracker, atau perusak, pencuri data lainnya. Yang ada adalah mereka mampu meminimalkan serangan-serangan para perusak yang telah disebutkan diatas.


Untuk mencegah hal-hal diatas, diperlukan beberapa testing atau penting, bahkan sangat penting agar menguji System security yang sudah ada, penguji atau pentest (penetration test) bisa dari pihak internal atau pihak luar (pihak luar adalah orang yang sudah biasa menguji keamanan system/web/aplikasi). Pengujian atau penstest biasanya dilakukan secara berkala atau rutin, sehingga meminimalkan resiko yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Berikut ini mengapa memerlukan Pentest Web
Bagi anda yang memiliki bisnis online, komunitas online atau bisnis anda banyak menggunakan internet untuk lalulitas data wajib untuk melakukan Pentest web atau penetration test. Kenapa "Wajib", karena tidak ada yang bisa menjamin keamanan data pada dunia internet, yang ada adalah meminimalkan resiko yang akan timbul.

Sebagai Contoh, Anda memiliki sebuah toko online, pada toko online tersebut para customer anda bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit/transaksi online atau data-data pribadi lainnya tersimpan di system anda, seorang cracker (cracker adalah orang yang bersifat merusak atau pencuri data untuk kepentingan diri sendiri atau kepentingan orang lain, hacker biasanya hanya melihat-lihat data anda atau sekedar bersenang-senang tidak berniat untuk mencuri atau menyalahgunakan data yang di dapatkan, tetapi yang namanya manusia tidak ada jaminan akan hal tersebut, bisa aja seorang hacker mencuri atau bahkan merusak system anda). Data-data tersebut sudah pasti perlu pengamanan khusus, kalau anda tidak memperhatikan pengamanannya cepat atau lambat bisnis anda akan layu, karena orang-orang akan takut bertransaksi di toko online anda. Anda memerlukan Pentest web.

Contoh kedua, Anda menjual product dengan ribuan kategori dan mungkin ratusan ribu item, setiap hari pelanggan anda bertransaksi, mungkin ratusan customer dan juga ratusan jenis produk. Pertanyaan, apakah anda/staff anda hafal dengan harga-harga produk tersebut?, Bagaimana kalau ada yang merubah harga-harga barang tersebut? Untuk itu di perlukan Pentest web.

Jasa untuk Penetration test tidak mahal, jadi sangat baik untuk anda mencoba jasa penetration test, agar bisnis anda berjalan dengan baik.

Untuk semua hal diatas, kami bisa membantu, berdiskusi dengan anda, dan membantu memberikan solusi.

5 comments :

Penyuluh Perikanan said...

oh jadi Wajib ya sob. yang namanya Pentest web atau Penetration test , karena tidak ada yang bisa menjamin keamanan data pada dunia internet, yang ada adalah meminimalkan resiko yang akan timbul.


terima kasih infonya sobat.

Rudi Gaol said...

Yupp...:)

Gopar said...

nice share sob..

Mirza Sharz said...

Selamat sore mas bro, bila kita perhatikan sebenarnya banyak kalangan khususnya pelaku bisnis yang mengandalkan internet marketing dan transaksi online yang memerlukan jasa pentesweb seperti yang dilayani oleh layerspeed.com
Sayangnya banyak di antara mereka justru belum menyadari atau bahkan tidak tahu akan pentingnya web security bagi kelangsungan bisnisnya.
Oya gan, hari ini ada kabar buruk dari Google Adsense.. tapi gak masalah.. take a look at my sidebar ya..

Rudi Lumban Gaol said...

Iya Pak Juragannn...

Saya juga di tendang ma google, kykna ada yang laporin ekowisata, jadinya ekowisaata ujungkulon di tendang ma google...