Wednesday, July 25, 2012

VPS adalah

VPS adalah virtual private server. VPS dalam bahasa awamnya adalah Server Virtual. Ibaratnya seperti ini, kita menyewa kamar untuk ngekost sebagai tempat tinggal dan menyimpan barang yang kita miliki. Dalam hal ini, yang kita sewa adalah kamar, bukan sebuah rumah, artinya, ada keterbatasan, baik space (ruang) maupun bandwith. Kalau kita nge-kost, kita tidak perlu memikirkan pembayaran listrik, air dan kebersihan. Sama dengan VPS (virtual private server), kita hanya menggunakan fasilitas yang telah di sediakan.


Jadi kita seperti memiliki dedicated server. Kita bebas menggunakannya dan online 24 jam, 7 hari dalam seminggu.

Kalau dulu, sekitar sebelum tahun 2005, Server VPS semuanya masih di luar negeri, Seperti USA, Eropa, sekarang ini server VPS sudah banyak yang berada di lokal (di kawasan Indonesia) seperti di gedung cyber.

Apa mamfaat VPS buat bisnis?
Untuk anda pebisnis golongan menengah atau yang suka bisnis online, VPS wajib anda miliki, sehingga bisnis anda bisa berjalan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, setahun penuh.

Berikut ini mengapa anda perlu VPS
  • Web developer yang memiliki banyak domain dan membutuhkan kustomisasi khusus untuk aplikasi Anda.
  • Anda yang memerlukan aplikasi khusus untuk mendukung usaha namun tidak tersedia pada paket shared hosting
  • Anda yang lebih mengutamakan privasi
  • Sangat tepat untuk level menengah dan corporate website, dimana aplikasi membutuhkan konfigurasi yang spesifik dan hanya bisa di lakukan oleh Superuser. Penggunaan ini juga cocok untuk memulai bisnis web hosting dengan budget yang terbatas namun layanan yang berkualitas. Variasi paket Virtual Server memungkinkan untuk bisnis web hosting bisa dengan mudah melakukan upgrade sejalan dengan bertumbuhnya customer baru.
  • Application Hosting Dengan Virtual Server, memungkinkan untuk membangun custom mission critical software tanpa harus mengeluarkan bugdet yang terlalu mahal. Melakukan outsource development aplikasi juga sudah menjadi trend untuk menghemat budget sehingga investasi jauh lebih efisien.
  • Development/Test Environments Virtual Server juga membantu untuk melakukan serangkaian development testing secara efisien, beberapa operating system dan alamat IP publik dengan mudah bisa di lakukan, koneksi secara remote untuk reboot dan penggantian interface cukup di lakukan dengan cepat, sama seperti halnya mempunyai 1 rak yang penuh dengan server testing
  • Educational Outpost Virtual Server menjadikan ajang untuk bereksperimen UNIX Operating System dengan berbagai macam distribusi sekaligus. Membuat proses ekperimen lebih beragam dan lebih mudah membandingkannya
  • Backup Server Kebutuhan backup server untuk menjamin layanan selalu berjalan normal adalah sangat penting. Backup server ini bisa meliputi website, mail, file, dan database. Semua layanan ini berada dalam kondisi fisik dan logical yang terpisah sehingga meminimalisasi kerusakaan atau kehilangan data.
Berapa biaya untuk sewa VPS?
Zaman sekarang, seiring perkembangan Dunia IT, harga sewa VPS relatif murah, bahkan sangat murah, karena hal ini berhubungan dengan relatif, kalau bisnis anda menghasilkan $10000/month, untuk sewa VPS hanya $10, wah.. hal itu amatlah sangat murah, tetapi kalau bisnis online anda hanya menghasil $20/month, sementara biaya untuk sewa VPS $10/month, harga tersebut amatlah mahal. Harga sewa VPS berkisar antara $10 s/d $50 per bulan.

Dimana tempat penyewaan VPS?
Jasa penyewaan VPS sangat banyak, baik yang berada di Luar Negeri baik yang didalam Negeri. Saya rekomendasikan. Kami adalah perusahaan web hosting dan web security, (jasa Penestration testing) Paket PVS yang mereka tawarkan sangat fleksibel, mereka sudah berpengalaman dalam jasa layanan VPS.


No comments :